Connection Circles Last updated: 2024-07-20 09:27:44

Berpikir Sistematis 1544 views 3 downloads

Pahami hubungan dan identifikasi loop umpan balik dalam sistem.

Pendahuluan

Connection circles adalah alat pemikiran yang dirancang untuk membantu suatu kelompok diskusi memahami kompleksitas. Dengan alat bantu grafis, kelompok diskusi akan menghasilkan ide-ide tentang perubahan kondisi dalam suatu sistem. Kelompok diskusi memilih elemen yang mereka anggap paling penting untuk perubahan dan menggambar panah untuk melacak hubungan sebab-akibat. Dengan cara ini, connection circles membantu kelompok diskusi menggali masalah dan mengelola sejumlah ide yang berbeda sekaligus.

Connection circles adalah langkah perantara untuk membuat diagram Causal Loop Diagrams lingkaran sebab-akibat (CLD) yaitu Reinforcing Feedback Loop dan Balancing Feedback Loop. Kelompok diskusi sering tidak tahu harus mulai dari mana dalam membuat CLD. Connection circles memungkinkan mereka menghasilkan ide-ide tentang elemen dan hubungan terlebih dahulu. Kemudian, mereka dapat menguraikan lingkaran umpan balik yang mendorong perubahan dalam cerita.

Connection Circles adalah sebuah metode yang digunakan untuk memperkuat hubungan antara individu dalam suatu kelompok atau organisasi. Metode ini dikembangkan oleh Dana Pearlman dan Martin Roll sebagai bagian dari upaya untuk membangun komunitas yang kuat dan berkelanjutan. Lingkaran koneksi adalah alat untuk memvisualisasikan hubungan dalam sebuah cerita atau sistem. Tools ini membantu Anda memahami suatu permasalahan yang kompleks dengan melihat hubungan sebab dan akibat dalam sistem.

Lingkaran koneksi juga dapat membantu Anda mengidentifikasi loop umpan balik - apakah memperkuat atau menyeimbangkan.

Seperti inilah tampilan lingkaran koneksi. Lalu, bagaimana Anda membuatnya?

Cara Menggunakan

  1. Mulailah dengan membuat lingkaran di atas selembar kertas.
  2. Selanjutnya, identifikasi elemen kunci dari sistem. Bagaimana Anda tahu apa itu elemen kunci? Yaitu memenuhi kriteria berikut:
  • Penting untuk berubah di dalam sistem
  • Peningkatan atau penurunan di dalam sistem
  • Dapat dijelaskan dengan kata benda
  1. Tuliskan elemen-elemen ini di sekitar lingkaran (jangan menyertakan lebih dari 10).
  2. Cari sebab dan akibat.
  • Elemen mana yang secara langsung menyebabkan elemen lain meningkat atau menurun?
  • Gambarlah panah di antara elemen-elemen ini.
  • Tunjukkan peningkatan (gambar "+") atau penurunan (gambar "-") untuk elemen kedua di setiap hubungan.
  1. Temukan semua hubungan sebab-akibat. Bisa jadi berdasarkan data atau menjadi hipotesis.
  2. Cari elemen yang hubungannya membentuk loop tertutup, yaitu loop umpan balik.

Contoh Kasus

Katakanlah produk kita sedang berhadapan dengan pelanggan yang tidak senang / kecewa karena suatu hal. Kita dapat mengetahui hal ini dari banyaknya tiket keluhan yang masuk terkait adanya bug / cacat dalam produk selain itu waktu respons bantuan yang lambat. Pada saat yang sama, kita telah membuat lebih banyak fitur untuk memenuhi ekspektasi pelanggan dan membuat mereka lebih senang. Mari kita gunakan lingkaran koneksi sehingga kita bisa memahaminya.

Dari cerita ini, kita dapat mengidentifikasi elemen kunci: pelanggan yang tidak senang, bug / cacat dalam produk, waktu respon, tiket bantuan, dan fitur baru. Kita akan mendokumentasikannya di sekitar lingkaran koneksi kita:

Sekarang kita perlu dokumentasikan hubungan di antara mereka. Misalnya, kita tahu bahwa pelanggan yang kecewa / tidak senang akan membuat lebih banyak tiket bantuan. Lebih banyak tiket bantuan berarti waktu respon lebih lama karena harus menunggu antrian layanan yang pada gilirannya akan menghasilkan lebih banyak pelanggan yang tidak senang. Untuk mengatasi hal tersebut, kita berusaha membuat fitur baru dengan harapan dapat menurunkan jumlah pelanggan yang tidak puas. Tetapi perlu dipahami bahwa semakin banyak fitur baru yang dihasilkan, maka potensi menghasilkan bug juga akan meningkat dan mengarah pada lebih banyak pelanggan yang tidak senang lagi. Mari kita petakan hubungan ini ke lingkaran koneksi:

Sekarang lingkaran koneksi menunjukkan elemen kunci dari sistem dan hubungan di antara mereka dengan baik. Bahkan ada satu umpan balik yang bisa kita lihat di sini, yaitu pada element support ticket, waktu respon dan kondisi pelanggan yang kecewa:

Lingkaran koneksi yang lengkap dan loop umpan balik yang teridentifikasi membuat Anda lebih memahami sistem. Pemahaman ini akan sangat membantu Anda melakukan perubahan yang Anda butuhkan. Dari kondisi loop umpan balik di atas, mungkin kita akan mengatasi kondisi pelanggan yang kecewa dengan cara menurunkan waktu respon sehingga pelanggan dapat segera terinformasi kondisi yang sedang terjadi. 

Poin Kunci

Lingkaran koneksi adalah alat yang sangat berguna untuk memahami sistem, mengidentifikasi elemen kunci, dan memetakan hubungan di antara mereka. Alat ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi loop umpan balik.

Praktik

Pada bagian template telah tersedia lembar kerja praktis untuk membantu Anda mempraktikkan alat ini, dengan panduan sederhana dan sebuah contoh.

Silakan cetak file PDFnya atau isi secara digital dan gunakan untuk lebih memahami sistem:

Daftar Pustaka

Learning about "Connection circles" dalam Systems Thinker

Pearlman, D., & Roll, M. (2018). Connection Circles: Building Community by Connecting People. Lulu Press, Inc.

Connection Circles Template

Unduh Dokumen (PDF) Ms. Visio & Notion Format (Subscribe now)

Temukan Model Lainnya

Reinforcing feedback loop

Berpikir Sistematis
Mekanisme umpan balik yang sebab akibatnya semakin menguatkan.

Affinity Diagrams

Berpikir Sistematis
Mengorganisir Ide dengan Visualisasi Kolaboratif

Balancing feedback loop

Berpikir Sistematis
Mekanisme umpan balik yang sebab akibatnya mencari keseimbangan.