First principles Last updated: 2024-07-20 10:31:41

Pemecahan Masalah 1207 views 0 downloads

Pecahkan masalah kompleks menjadi elemen dasar dan buat solusi inovatif terbaru.

Pendahuluan

"First principles" adalah konsep yang digunakan dalam berpikir kritis dan kreatif. Konsep ini mendorong individu untuk merenungkan esensi atau prinsip dasar dari suatu hal. Dalam konteks ini, prinsip dasar mengacu pada ide atau konsep yang paling sederhana dan tidak dapat dipecahkan lagi.

Konsep ini sering juga disebut "penalaran dari prinsip pertama", alat ini ampuh dalam pemecahan masalah dengan mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar dari suatu masalah, Anda akan menghasilkan solusi inovatif.

Asas pertama adalah asas mendasar atau kebenaran yang tidak dapat dipecah lebih jauh. Pemikiran First principles adalah menggali lebih dalam sampai Anda tiba di dasar sebuah masalah.

Cara Menggunakan

Dalam menggunakan konsep "first principles", individu harus mulai dengan mengidentifikasi suatu masalah atau situasi yang ingin dipecahkan atau dipahami. Setelah itu, individu harus memecah masalah atau situasi menjadi komponen terkecilnya dan mencari prinsip dasar yang mendasarinya. Prinsip dasar inilah yang digunakan untuk membangun kembali konsep atau ide yang lebih kompleks.

Mulailah dengan masalah Anda dan lakukan dua langkah ini:

  1. Pecahkan menjadi kebenaran paling dasar (prinsip pertama);
  2. Bangun kembali solusi dari prinsip-prinsip tersebut.

Kedengarannya sederhana tetapi membutuhkan pemikiran yang terfokus untuk benar-benar menggali lebih dalam masalah dan menemukan prinsip-prinsip pertama tersebut.

Ada beberapa teknik untuk membantu Anda:

Lima Pertanyaan Mengapa

Ini adalah teknik populer dalam penelitian pengguna di mana seorang peneliti menggali lebih dalam dengan berulang kali menanyakan pertanyaan "mengapa". Ini memungkinkan Anda menemukan akar penyebab masalah. Tentu saja, Anda tidak harus berhenti di lima, tetapi secara umum cukup untuk menemukan prinsip pertama.

Pertanyaan Socrates

Suatu bentuk pertanyaan disiplin yang memungkinkan pemikiran kritis. Ada enam jenis pertanyaan yang bisa Anda ajukan untuk menggali lebih dalam kebenaran fundamental:

  1. Klarifikasi - "Apa yang Anda maksud dengan ...?"
  2. Menguji asumsi - "Apa yang bisa kita asumsikan?"
  3. Probing alasan / bukti - "Mengapa menurut Anda ini benar?"
  4. Implikasi dan konsekuensi - "Apa efeknya?"
  5. Sudut pandang yang berbeda - "Apa yang akan menjadi alternatif?"
  6. Mempertanyakan pertanyaan awal - "Apa guna pertanyaan ini?"

Contoh Kasus

 

Sebagai contoh, Elon Musk menggunakan konsep "first principles" dalam merancang mobil listrik Tesla. Dia tidak hanya mengambil teknologi yang sudah ada dan memodifikasinya, tetapi memulai dari awal dengan mengevaluasi prinsip-prinsip dasar mobil listrik, seperti bahan baku yang digunakan, desain baterai, dan efisiensi motor. Dalam hal ini, "first principles" membantu Musk menghasilkan inovasi yang revolusioner.

Selain contoh di atas, konsep "first principles" juga dapat digunakan dalam berbagai bidang lainnya. Contoh lainnya adalah ketika seseorang ingin memulai usaha baru. Dalam hal ini, konsep "first principles" dapat membantu seseorang untuk membangun bisnis dari dasar dan menciptakan sesuatu yang baru dan inovatif.

Praktik

Mari kita lihat cara berpikir prinsip pertama dalam tindakan. Berikut adalah contoh yang bagus dari Wes O'Haire, desainer di Dropbox:

"Saya melakukan proyek ini di tahun lalu di mana kami memulai dengan pernyataan masalah kami. Dari sana, saya memecahnya menjadi beberapa bagian fundamental, kemudian membahas setiap bagian, dan mengonfigurasinya untuk membangun solusi.".

Untuk mengaplikasikan konsep "first principles", individu harus mengambil pendekatan berpikir kritis dan terus mengajukan pertanyaan untuk mencapai prinsip dasar. Beberapa pertanyaan yang dapat membantu adalah:

  • Apa yang sebenarnya ingin saya capai?
  • Apa prinsip dasar yang mendasari masalah atau situasi ini?
  • Apa faktor yang mempengaruhi situasi ini?
  • Apa saja asumsi yang saya buat tentang situasi ini?

Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini, individu dapat mengidentifikasi prinsip dasar yang mendasari suatu masalah atau situasi dan menggunakan prinsip ini sebagai dasar untuk menciptakan sesuatu yang baru dan inovatif.

Daftar Pustaka

Wes O'Haire. "Mental models for designers"

Shane Parrish. "First Principles: The Building Blocks of True Knowledge"

Abraham, R. (2021). First Principles: What They Are and How to Use Them. Medium.

Musk, E. (2012). Tesla Motors: Master Plan, Part Deux. Tesla Motors.

First principles Template

File PDF belum tersedia Ms. Visio & Notion Format (Subscribe now)

Temukan Model Lainnya

Inversion

Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah dari sudut pandang yang berbeda

Issue trees

Pemecahan Masalah
Susun dan selesaikan masalah secara sistematis

First principles

Pemecahan Masalah
Pecahkan masalah kompleks menjadi elemen dasar dan buat solusi inovatif terbaru.