Inversion Last updated: 2024-10-21 15:54:37

Pemecahan Masalah 1355 views 6 downloads

Pemecahan masalah dari sudut pandang yang berbeda

Pendahuluan

Inversion adalah teknik berpikir yang digunakan untuk mengatasi masalah dan membuat keputusan dengan memikirkan langkah-langkah yang akan membawa kita menuju tujuan yang diinginkan, dengan memikirkan tentang cara-cara untuk menghindari kesalahan daripada mencari cara untuk sukses. Dalam teknik ini, kita mulai dengan mengidentifikasi apa yang ingin kita hindari, dan kemudian memikirkan langkah-langkah yang perlu diambil untuk menghindari hasil yang tidak diinginkan tersebut.

Pembalikan (Inversion) berguna ketika Anda perlu melihat masalah yang Anda selesaikan dari sudut yang berbeda. Hal ini dapat membantu Anda melihat perspektif yang berbeda dan membayangkan skenario terburuk.

Cara Menggunakan

Langkah-langkah dalam menggunakan teknik inversion adalah sebagai berikut:

  • Identifikasi hasil yang tidak diinginkan atau yang ingin dihindari.
  • Pikirkan tentang apa yang menyebabkan hasil tersebut terjadi.
  • Membuat daftar tindakan atau langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menghindari hasil yang tidak diinginkan tersebut.
  • Membuat rencana tindakan untuk melaksanakan langkah-langkah yang telah dipikirkan.

Pertanyaan pemicu yang bagus untuk mengetahui apakah inversi dapat membantu Anda adalah "Apakah saya hanya memikirkan solusi atau skenario yang ideal?"

Anda kemudian dapat membalikkan pemikiran Anda pada masalah atau solusi dengan menanyakan beberapa hal ini:

  1. Tanyakan pada diri Anda: Apa keputusan / solusi terburuk dalam situasi ini?
  2. Tanyakan pada diri Anda: Mengapa itu buruk? Tuliskan alasan-alasannya.
  3. Cobalah untuk membuat keputusan / solusi yang baik, sekarang dengan melihat alasan yang akan membuat keputusan yang buruk.

Pembalikan membantu Anda melihat hasil yang buruk dan menghindarinya.

Lebih banyak pertanyaan yang dapat membantu Anda dalam melihat perspektif yang terbalik adalah:

  • Bagaimana ini bisa salah?
  • Apa kebalikan dari ini?
  • Apa solusi yang buruk untuk ini?

Contoh Kasus

Manajer proyek menggunakan inversion / pembalikan dalam latihan yang disebut pra-mortem.

Tim berkumpul dan membayangkan dalam enam bulan ke depan proyek yang mereka sedang kerjakan telah gagal. Mereka memeriksa skenario yang berpotensi menyebabkan kegagalan ini dengan mengajukan pertanyaan seperti "Apa yang salah?", "Kesalahan apa yang kita buat?" atau "Mengapa proyek ini gagal?".

Hal ini membuat tim melihat potensi jebakan sebelumnya dan mempersiapkannya. Dengan menggunakan inversi, mereka dapat menghindari kemungkinan kesalahan dan hasil yang buruk.

Contoh lain penggunaan inversion:

Contoh lain penggunaan teknik inversion adalah ketika seseorang ingin memulai usaha baru. Pada umumnya kita mungkin mulai dengan menentukan tujuan, seperti ingin memiliki bisnis yang sukses. Kemudian kita akan memikirkan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut, seperti memperoleh modal dan mengembangkan produk atau layanan. Namun, ketika menggunakan teknik inversion, kita akan memikirkan hasil yang tidak diinginkan atau yang ingin dihindari, seperti kegagalan bisnis. Kemudian mereka akan memikirkan tindakan yang perlu diambil untuk menghindari hasil yang tidak diinginkan tersebut, seperti melakukan riset pasar dan membuat rencana bisnis yang solid.

Praktik

Teknik inversion dapat digunakan dalam berbagai situasi, seperti dalam mengatasi masalah, membuat keputusan, atau merencanakan tindakan. Penting untuk memulai dengan mengidentifikasi hasil yang tidak diinginkan atau yang ingin dihindari, dan kemudian memikirkan langkah-langkah yang perlu diambil untuk menghindari hasil tersebut. Teknik ini juga dapat membantu mengurangi risiko dan memperbaiki kualitas keputusan.

Pada bagian akhir terdapat lembar kerja praktis untuk membantu Anda mempraktikkan alat ini, dengan panduan cara sederhana dan sebuah contoh.

Cetak file PDFnya atau isi secara digital dan gunakan untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Daftar Pustaka

Wes O'Haire. "Mental models for designers"

James Clear. "Inversion"

Khan, A. (2019). The power of inversion: How thinking backwards can uncover hidden solutions. Entrepreneur. https://www.entrepreneur.com/article/329694

Sinek, S. (2019). The infinite game. Portfolio.

Inversion Template

Unduh Dokumen (PDF) Ms. Visio & Notion Format (Subscribe now)

Temukan Model Lainnya

Issue trees

Pemecahan Masalah
Susun dan selesaikan masalah secara sistematis

Ishikawa Diagram

Pemecahan Masalah
Identifikasi akar penyebab suatu masalah.

Inversion

Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah dari sudut pandang yang berbeda